Kamis, 27 September 2012

International Birthstone 2


Juli

Ruby


Birthstone untuk bulan Juli adalah Ruby termasuk golongan corundum. Umumnya berwarna merah, warna merah pada ruby berasal dari mineral chromium, golongan corundum selain warna merah dan putih disebut sapphire. Ruby merupakan lambang cinta, integritas, kesuksesan, dan semangat.

Agustus

Peridot


Peridot, gemstone cantik dengan warna hijau cerah, nama peridot berasal dari bahasa yunani "faridat" yang berarti permata. Merupakan jenis gemstone yang langka. Peridot dipercaya dapat membawa perasaan hangat, keterbukaan, ketenangan dan kebahagiaan.



September

Sapphire
 


Pada umumnya sapphire berwarna biru gelap mirip biru lapiz lazuli. Gemstone ini ada yang cutting kristal ada pula cabochon biasanya yang memancarkan sinar bentuk bintang/ star bila terpapar cahaya lampu atau matahari sangat indah dan menarik, batu yang dapat memancarkan star adalah ruby dan sapphire.




Oktober

Opal


Opal atau yang biasa dikenal dengan nama Kalimaya adalah batu yang unik dan cantik, dengan ciri khas yang tidak dimiliki batu permata lain yaitu adanya pancaran kilau pelangi dari dalam batu apapun warna batunya. Banyak ditemukan di Australia, Mexico, Amerika Barat, biasanya berwarna putih, adapula variant warna yang lain seperti biru, coklat, kuning, merah, kelabu bahkan hitam, yang tentunya tetap saja memancarkan kilau pelangi dari dalam batu sebagai ciri khas Opal. Nama Opal sendiri berasal dari bahasa Sansekerta "Upala" yang berarti batu permata. Banyak digunakan suku Aztec di Mexico untuk mengusir roh-roh jahat, sebagai lambang kejayaan dan kemakmuran dan rasa percaya diri.




Tourmaline


Tourmaline, batu permata yang sangat cantik dengan gradasi warna yang sangat menarik bagi setiap mata yang memandangnya, gambar diatas adalah watermelon tourmalin karena memiliki warna seperti buah semangka, ada pula yang berwarna hitam disebut black tourmalin, variant lain Verdelite, yaitu Tourmalin yang berwarna hijau dan Rubellite, yaitu tourmalin yang berwarna pink hingga merah. Kata Tourmalin berasal dari bahasa Srilangka yaitu " Tura Mali" artinya batu permata yang memiliki banyak warna, menurut kepercayaan batu ini dapat meningkatkan energi positif pemakainya, melancarkan sirkulasi darah, dapat berpikir positif dan menghindarkan dari stress.



November

Topaz
Batu Topaz termasuk dalam golongan Kristal berwarna coklat muda keemasan yang cerah. Topaz merupakan lambang lambang kekuatan dan kebijaksanaan. Nama Topaz diambil dari kata Topazos yang merupakan nama sebuah pulau kecil di Laut Merah dan ditemukan dipulau itu pula oleh bangsa Romawi kuno. Topaz untuk loyalitas, kepercayaan dan persahabatan.



Citrine


Kata Citrine berasal dari bahasa Perancis kuno yang artinya lemon, berwarna kuning cerah hingga kuning gelap. Termasuk golongan kristal quartz, yang banyak ditemukan di Brazil, Madagaskar, dan Bolivia. Citrine untuk rasa aman, harapan dan kekuatan.



Desember

Turquoise

Batu Turquois umumnya berwarna biru muda kehijauan, karena adanya unsur alumunium phosphat dengan kandungan sedikit tembaga. Beberapa jenis ada pula yang berwarna hijau dan kekuningan, tergantung dari kadar mineral yang dikandungnya dapat mempengaruhi warna Turquois. Nama Turquois berasal dari bahasa Yunani "Turkois" yang artinya Turki, karena batu tersebut pertama kali dibawa dari Turki. Menurut kepercayaan kuno, Turquois dapat membawa keberuntungan, sukses dan kebahagiaan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar