Senin, 24 September 2012

International Birthstones 1

Seperti halnya zodiac, bulan kelahiran kita juga dapat digunakan sebagai acuan dalam memilih gemstones, tetapi bukanlah suatu keharusan dalam memilih gemstones yang tentunya tergantung dari selera dan kesukaan pribadi, karena masing-masing gemstones memiliki warna menarik dan corak yang unik, serta masih sangat banyak jenis bebatuan lain yang belum termasuk dalam pemetaan birthstone.
Berikut ini adalah internasional birthstones:

Januari

Garnet 


Garnet merupakan batu cantik yang umumnya berbentuk kristal berwarna merah hati, dapat pula ditemukan dalam warna coklat, hijau dan orange. Garnet mewakili rasa cinta, keberuntungan, keamanan, dan kesuksesan dalam bisnis.


Tiger Eye's


Tiger eye merupakan batu jenis chalcedony dengan corak garis yang unik, terdapat dalam pilihan warna coklat kombinasi gold, merah tua, dan biru tua. Tiger eye untuk rasa percaya diri dan proteksi.


Februari

Amethyst


Amethyst sejenis batu kristal quarz/ kuarsa dengan warna ungu yang indah sangat menawan, di Indonesia  sering disebut dengan batu kecubung yang merupakan batu bagi seseorang yang lahir di bulan februari. Dalam sejarah Yunani dan Mesir kuno, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung. Para prajurit kuno juga banyak yang mengenakanya sebagai leontin untuk keberuntungan dan keselamatan saat berperang. berasal dari Brazil, Uruguay, dan beberapa negara di eropa dan asia.


Maret

Aquamarine

Gems cantik ini berbentuk kristal berwarna biru laut yang menawan, aquamarine dapat memberikan rasa relax, mengontrol emosi, dan meningkatkan konsentrasi. Negara asal Brazil dan Afrika. 


Bloodstone

Bloodstone sering disebut dengan heliotrop, berasal dari negara Brazil, India, Australia, China dan USA. Menurut legenda bangsa yunani kuno, bloodstone memiliki kekuatan melawan roh halus, merupakan simbol keadilan, memiliki warna spesifik hijau tua dengan bintik merah darah yang natural.


April

Diamond


Diamond atau yang sering kita sebut sebagai Intan banyak ditambang di Afrika tengah dan selatan, kandungan intan yang cukup banyak juga ada di Kanada, Rusia, Brazil dan Australia. Sekitar 130 juta "carat" (26.000 kg) intan ditambang setiap tahun, yang berjumlah kira-kira $9 milyar dolar Amerika. Ada pula yang dibuat syntetisnya dengan harga yang lebih terjangkau. Merupakan batu terkeras dan termahal yang pernah ditemukan. Selain diamond warna bening/ clear yang umum kita ketahui, ada pula warna kuning, biru, hitam, dan pink.


Mei
Emerald


 
Emerald atau Zamrud adalah batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud mengandung unsur kimia beryllium dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya unsur vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).
Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia dan Brazil. Para pemakai batu ini mempunyai keyakinan batu yang dikenakannya akan membawa keberuntungan. Dan selalu kita lihat banyak ahli perniagaan memakai Zamrud sebagai batu kesayangan mereka.


 Juni

 Pearl


Pearl atau Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain. Mutiara alami berkualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad. Mutiara berharga terdapat di alam liar, tapi dalam kuantitas yang sangat jarang. Mutiara laut dibudidaya dari tiram sedangkan mutiara budidaya dari moluska disebut juga mutiara air tawar/ water pearl merupakan mayoritas dari mutiara-mutiara yang dijual di pasaran. Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar. Yang banyak dijual dengan harga murah adalah mutiara imitasi dari campuran plastik tapi kualitasnya biasanya jelek. Secara umum, mutiara imitasi dapat dengan mudah dibedakan dari mutiara asli. Mutiara juga bisa dihancurkan dan digunakan dalam kosmetika, obat-obatan atau dalam formula cat. Mutiara melambangkan kebijaksanaan, keanggunan, dan cinta kasih.


Juli sampai Desember bersambung di International Birthstones 2......






Tidak ada komentar:

Posting Komentar